Home » » Mengenal Bagaimana Prinsip Kerja Internet

Mengenal Bagaimana Prinsip Kerja Internet

Penulis : Unknown on Jumat, 30 Maret 2012 | 12.41


Berikut adalh penjelasan tentang prinsip-prinsip kerja internet,mungkin msih banyak yang belum tahu dan berikut adalah penjelasannya.
Jaringan komputer di Internet menggunakan bahasa komputer standar (secara teknis dikenal sebagai PROTOKOL) yang memungkinkan beragam jaringan komputer dan komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi.
Ada beberapa jenis Protokol jaringan komputer:

  1. IPX/SPX ( digunakan oleh jaringan Novell Netware).
  2. NETBIOS/NETBEUI ( digunakan oleh jaringan Microsoft LAN Manager atau Microsoft Windows Networking)
  3. AppleTalk ( digunakan untuk komputer Apple Macintosh)
  4. TCP/IP ( digunakan oleh jaringan komputer berbasis UNIX )
Protocol TCP/IP menjadi standar protokol yang digunakan pada jaringan Internet, karena TCP/IP dikembangkan untuk dapat diterapkan dihampir segala jenis platform komputer, biasa dikenal dengan konsep open sistem TCP/IP merupakan cara standar untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data tersebut bisa dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.
Tidak seluruhnya komputer yang terhubung pada jaringan internet ini secara fisik terkoneksi pada satu jaringan. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut digunakan mesin khusus yang disebut dengan Router atau Gateway.
Jadi fungsi Router adalah untuk menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain dan juga memisahkan paket-paket informasi jaringan tersebut dengan jaringan lainnya.
Dengan kata lain Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet, sehingga paket informasi yang hanya dibutuhkan untuk jaringan itu tidak akan keluar dari jaringan lokal, dan begitu pula sebaliknya paket informasi dari luar yang tidak ditujukan untuk komputer yang ada pada jaringan tidak akan diteruskan dalam jaringan lokal.
Untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi yang tidak perlu diakses dari luar jaringan dan juga untuk mencegah adanya usaha dari luar jaringan untuk mendapatkan informasi dari dalam jaringan maka dibutuhkan sebuah komputer yang bertidak sebagai filter atau pembatas yang disebut Firewall.
Sebuah mesin khusus yang disebut Gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horison elektronik untuk berkomunikasi dengan Internet menggunakan TCP/IP. Gateway menterjemahkan bahasa asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya.
Untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka perlu terhubung dengan host atau dengan kata lain harus terkoneksi dengan Internet Gateway. Dulu di Indonesia komputer yang ingin berhubungan dengan internet harus menjadi anggota Online Services yang letaknyanya di luar negeri, karena belum banyaknya host atau lembaga yang terkoneksi ke jaringan internet, hal itu memerlukan biaya yang cukup mahal untuk melakukan koneksi ke jaringannya. Tetapi sekarang sudah banyak lembaga atau badan-badan baik pemerintah atau swasta yang terhubung dengan jaringan Internet.
Untuk melayani masyarakat yang ingin koneksi dengan jaringan internet maka harus menjadi anggota Online Services yang dikenal sebagai Internet Services Provider (ISP). ISP adalah sutau perusahaan atau badan baik Pemerintah maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas atau jasa layanan koneksi ke jaringan Internet. ISP ada yang bersifat tertutup dan umum. Bersifat tertutup artinya Lembaga/Badan yang hanya melayani atau memberikan fasilitas Internet
kepada jaringan local pada lembaga atau badan tersebut, sedangkan Umum artinya Lembaga/Badan yang melayani masyarakat umum maupun pribadi atau Lembaga.

Umumnya ISP menyediakan fasilitas hubungan yang paling mudah digunakan yaitu jaringan telepon. Untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam hal ini adalah komputer ISP dengan jaringan tersebut, maka diperlukan beberapa peralatan tambahan yaitu disebut MODEM (Modulator Demodulator) alat untuk mengkonversikan signal analog menjadi signal digital. Dan untuk komunikasi komputer dengan modem itu dibutuhkan protokol komunikasi, yaitu seperti: PPP (Point to Point Protocol), SLIP ( Serial Line Protocol), PLIP (Paralel Line
Protocol) dan sebagainya. Protocol TCP/IP digunakan untuk koneksi dengan internet. Dalam sistem komunikasi data dikenal istilah Bandwidth atau kecepatan transmisi data dalam satuan bit per detik. Semakin besar bandwidth semakin cepat transmisi datanya antara kedua lokasi komputer tersebut, juga semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.
Sebagai gambaran jika kita menggunakan saluran telepon sebagai media komunikasi, maka bandwidth yang mungkin adalah sebesar bandwidth modem yang digunakan, tariff biaya sewanya adalah sama dengan tarif menggunakan telepin local selama waktu yang digunakan untuk koneksi. Ada berbagai jenis server yang dapat ditempatkan pada jaringan yang terkoneksi dengan internet diantaranya :

  1. Domain Name Service (DNS) Server, berfungsi sebagai identitas nama domain yang dimiliki oleh jaringan tersebut dan juga memelihara informasi data dari domain yang lain. Jika ada komputer dari jaringan internet ingin menghubungi jaringan dengan nama domain yang anda miliki, maka komputer itu akan mencari komputer ini dijaringan internet. Dan jika komputer dari jaringan anda ingin menghubungi komputer dengan domain lain, maka komputer ini akan melihat informasi nama domain pada komputer ini, mendapatkan alamatnya dan meneruskan informasi kepada alamat tersebut, tetapi jika nama domain tidak terdapat pada DNS server, maka infprmasi akan dicarikan pada DNS server yang lain.
  2. Mail Server, berfungsi untuk melayani E-mail (surat) keluar dan surat masuk. Jika seorang pemakai mengirimkan e-mail, maka e-mail tersebut dikirimkan ke server ini, lalu diteruskan ke tujuannya yang mempunyai account di server tersebut, tetapi jika tujuan e-mail tersebut tidak terdapat pada mail server pengirim, maka akan ditujukan ke mail server yang lain. Begitu juga hal nya jika ada e-mail untuk pemakai yang account dimail server ini, maka akan disimpan pada server ini sampai saat pemakai membuka email tersebut.
  3. File Transfer Protocol (FTP) Server, berfungsi sebagai penampung file-file yang dapat diakses oleh jaringan. File tersebut dapat ditransfer baik untuk disimpan pada file server dari jaringan (upload) maupun diambil dari file server untuk kekomputer pada jaringan (download)
  4. Web Server, berfungsi untuk menyimpan informasi yang dikenal sebagai World Wide Web (WWW) untuk dapat diakses dari jaringan internet. Banyak layanan aplikasi di internet dan masih terus berkembang sesuai dengan pesatnya perkembangan teknologi.
Ada beberapa contoh layanan aplikasi Internet yang banyak digunakan seperti :
  1. World Wide Web (WWW), yaitu suatu layanan untuk mengakses informasi secara interaktif yang berbentuk tampilan grafis atau teks. Hal ini dimungkinkan dengan adanya Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang digunakan untuk mengakses suatu informasi yang disimpan pada suatu situs web (website). Untuk menggunakan sarana ini dibutuhkan aplikasi Web Browse.
  2. News-USENET, digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi antar pemakai jaringan internet. Aplikasi ini hampir serupa dengan suatu papan pengumuman, dimana setiap orang dapat mengirim, melihat dan menanggapi suatu berita atau topik diskusi dengan fasilitas yang hampir sama dengan e-mail. Topik diskusi tersebut dipisahkan oleh group dan pemakai yang berminat dapat melihat isi diskusi pada newsgroup tsb.
  3. Electronic Mail (E-mail), merupakan aplikasi pertama di internet, sebagai sarana pengiriman dan penerimaan surat, pesan, dokumen secara elektronik dengan pemakai lain di internet yang mempunyai alamat email.
  4. File Transfer Protocol (FTP), sebagai sarana untuk mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file.
  5. Remote Login-Telnet (Telnet) adalah suatu aplikasi remote login Internet yang memungkinkan anda log-in atau menggunakan komputer yang berbeda di jaringan secara interaktif.
  6. Teleconference, merupakan sarana untuk berkomunikasi jarak jauh (telekonfrecing) antara pemakai dalam bentuk suara ataupun gambar.

    Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat ..
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

8 Januari 2013 pukul 19.58

TerimaKasih Atas infonya,mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi saya

18 Juni 2019 pukul 13.35

ok min
mantap min, makasih
power supply hp

Posting Komentar