Home » » 10 tips & Trik Cegah Pemborosan Baterai iPhone/iPad

10 tips & Trik Cegah Pemborosan Baterai iPhone/iPad

Penulis : Unknown on Rabu, 11 April 2012 | 12.20

Tanpa sadar sehari-hari kita melakukan pemborosan ketika menggunakan iPhone ataupun iPad. Kenali apa saja hal kecil yang bisa berpotensi menguras baterai iPhone/Ipad Anda secara diam-diam. Dan simak tips berikut yang berguna untuk hemat dan dapat memperpanjang umur baterai iPhone/iPad anda.
 

1. Matikan Wi-Fi
Bila Anda tidak perlu koneksi WiFi lagi, matikan dengan memilih Settings > Wi-Fi dan nonaktifkan ke OFF karena ia dapat menguras baterai dengan cepat bila ditinggalkan aktif. Anda juga dapat nonaktifkan Ask to Join Networks jika Anda tidak ingin iPhone/iPad Anda untuk mencari dan meminta Anda untuk bergabung dengan jaringan terus.
 
2. Menutup App yang tidak digunakan
Apps yang mengandalkan GPS seperti Maps dapat menguras baterai Anda bila ditinggalkan aktif. Sebelum mengunci layar Anda, tekan tombol Home dua kali untuk menampilkan bar multitugas dan tutup semua app yang masih terbuka (terutama Safari). Tekan dan tahan pada salah satu ikon app di bar multitugas sampai ia mulai gemetar. Lalu tekan tanda minus ( – ) yang muncul di sebelah kiri atas ikon app. Ini akan menutup app tersebut.
 
3. Pastikan Layar dikunci dengan Cepat
Mengunci layar iDevice Anda dengan cepat ketika Anda tidak menggunakannya akan menghemat baterai Anda. Pilih Settings > General > Auto-Lock lalu pilih 2 minutes untuk mengunci layar secepat semungkin.
 
4. Matikan Push Mail
Mendapatkan notifikasi (eg. email) secara otomatis (push) dapat menguras daya baterai. Untuk nonaktifkan Fetch, pilih Settings > Mail, Contacts, Calendar > Fetch New Data lalu nonaktifkan Push ke OFF. Lalu mengubah sebeberapa sering iPhone/iPad Anda akan mengambil email dengan memilih Manually. Semakin jarang iPhone/IPad mengambil email secara otomatis, Anda akan dapat semakin menghemat baterai.
 
5. Mengurangi atau Menghilangkan Notifikasi Push
Apakah Anda perlu pemberitahuan dari Twitter atau Apps lainnya (misalnya Games)? Anda dapat matikan Push sepenuhnya dengan memilih Settings > Notifications dan menghemat baterai karena iPhone/iPad Anda tidak perlu lagi terus memeriksa data untuk aplikasi tersebut lagi.

6. Matikan EQ
Sambil bermain musik, Anda dapat mengaktifkan EQ untuk membuat suara lagu terdengar lebih baik. Namun, mengaktifkan fitur ini akan menguras baterai Anda. Untuk nonaktifkan EQ, pilih Settings > Music > EQ lalu nonaktifkan ke Off.

7. Matikan Bluetooth
Kecuali Anda perlu fitur Bluetooth untuk transfer data, lebih baik Anda matikan Bluetooth dengan pilih Settings > General > Bluetooth > OFF untuk menghemat baterai karena apabila Bluetooth ditinggal aktif akan dapat menguras baterai.

8. Redup layar Anda
Membiarkan layar iPad Anda tampil pada kecerahan penuh akan menguras daya baterai dengan cepat. Mengatur kecerahan layar Anda secara otomatis dengan memilih Settings > Brightness & Wallpaper lalu aktifkan Auto-Brightness ke ON. Anda juga dapat geser slider ke kiri atau kanan untuk mengubah kecerahan layar. Kecerahan yang lebih rendah akan menghemat lebih banyak daya baterai.

9. Aktifkan mode Airplane
Apabila mode Airplane diaktifkan, koneksi WiFi dan 3G akan dinonaktifkan sehingga dapat membantu menghemat baterai untuk keperluan lain seperti menonton video, mendengar musik, main game atau menggunakan aplikasi lain. Untuk mengaktifkan mode Airplane ke ON, pilih Settings > Airplan Mode dan aktifkan ke ON.

10. Keluarkan penutup iPad dulu
Mengisi baterai Anda saat ia masih di dalam penutup dapat menghasilkan kepanasan yang berlebihan sehingga dapat mempengaruhi kapasitas baterai.












Share this article :

+ komentar + 17 komentar

13 April 2012 pukul 12.25

sipp gan ntar q coment back

Anonim
14 April 2012 pukul 19.15

wah iya katanya iPad boros baterai ya,, tips yang berguna nih buat pengguna iPad,, tapi sepertinya bisa juga buat tablet lain,, hehe

followback done, sob d^^ #42 kayaknya

15 April 2012 pukul 12.50

kunjungan siang hari sob n nice info sob.....

15 April 2012 pukul 20.14

nice share gan, point 10 saya suka tuh, ternyata ngaruh juga ya..thanks atas tips dan tricknya gan

15 April 2012 pukul 23.42

nice info gan... :D

follow back... :D

16 April 2012 pukul 15.40

kalau saya cuma punya laptop, itu juga punya ibu saya kang, wkkwkwk =))

17 April 2012 pukul 11.44

wahhh sepp deh postingann nyaa jelass dan mantab

nice share nice post gannnnn

syangg saya kga punya Iphone/Ipad hikzzz

:D

Dunicare Security Tips and Trick SEO

17 April 2012 pukul 11.47

ckckckc...sangat bermanfaat sekali tips abang...makasih ya tutor hebatnya bang

Anonim
17 April 2012 pukul 15.39

sayangnya belum punya ipad gan,, :D

20 April 2012 pukul 10.24

bgus )

20 April 2012 pukul 14.35

nice info gan :)
berkunjung,sambil belajar

21 April 2012 pukul 17.11

kalo sudah punya nanti saya terpakan bro,makasih tipsnya.

21 April 2012 pukul 22.15

meski ane belum punya ipad, infonya sangat bermanfaat bagi ane, gan... makasih

22 April 2012 pukul 12.48

mai sini smbil perut kenyang :P

22 April 2012 pukul 13.07

Nice Info

tapi sayang saya ga punya Ipad hehee

22 April 2012 pukul 13.23

Terima kasih sahabat atas berbagi infonya ini

27 April 2012 pukul 14.55

terikasih comen nya sob,n bisa mambantu semua nya...

Posting Komentar